Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Tantangan Saat Liburan, Yuk Cari Tahu Cara Mengatasinya!

Saatnya liburan! Kamu pasti senang banget karena akhirnya bisa lepas sejenak dari rutinitas pekerjaan yang bikin jenuh. Namun, mempersiapkan liburan ternyata tidak semudah yang dipikirkan, ya. Ada banyak hal yang harus diperhatikan dan diurus supaya perjalanan wisata menjadi nyaman dan menyenangkan.

tantangan saat liburan
sociolla.com


Sebenarnya, kalau kamu udah melakukan persiapan sejak awal, risiko masalah saat liburan bisa diminimalkan. Apalagi kalau kamu pesan tiket pesawat online di Traveloka, masalah transportasi jelas udah beres dengan mudah. 

Tapi selain berburu tiket pesawat, apa saja sih tantangan yang bakal kamu hadapi?

1. Kondisi Fisik Kurang Fit

Liburan adalah momen untuk bersenang-senang. Kalau mendadak sakit pas liburan, rasanya pasti tidak  menyenangkan. 

Kamu bakal kehilangan banyak momen yang seharusnya bisa dinikmati secara optimal. Bahkan, bisa jadi kamu bakal kesulitan kalau tiba-tiba sakit di tempat tujuan karena tak ada yang merawat. 

Cara mencegahnya adalah dengan menjaga vitalitas tubuh sebelum berangkat liburan. Biasakan pola hidup sehat, bahkan dari jauh-jauh hari. 

Rutinlah berolahraga menjelang hari-hari keberangkatan untuk mendukung tubuh tetap bugar dan kuat. Jika perlu, konsumsi vitamin sesuai dosis yang disarankan.

Lalu, gimana kalau mendadak sakit saat sedang liburan? Pertama, kamu harus mengurangi aktivitas dan mengubah jadwal yang terlalu padat. 

Cobalah untuk beristirahat sebisa mungkin untuk memulihkan kondisi tubuh. Jangan sungkan untuk berobat di pusat kesehatan apabila badan terasa semakin lemah. Oya, kabarkan juga kondisi terakhir kamu kepada keluarga.

2. Tiket Habis atau Kamar Penuh

Masalah yang kerap terjadi saat mempersiapkan liburan adalah tiket pesawat habis atau kamar penginapan tidak tersedia. Jadinya, kamu harus mencari alternatif transportasi yang lain atau akomodasi yang tidak sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. 

Hal ini bisa membuat acara liburan jadi sedikit terganggu. Untuk menghindari masalah ini, yang pasti harus dilakukan adalah berburu tiket jauh-jauh hari. 

Semakin banyak waktu yang kamu punya untuk mencari tiket pesawat, kamu akan semakin untung. Selain risiko kehabisan tiket akan lebih kecil, kamu juga berkesempatan untuk mendapat tiket dengan harga promo.

Saat mencari penginapan, strateginya juga sama. Pilih akomodasi yang kamu inginkan dan langsung bayar kalau sudah yakin. 

Dengan begitu, kamu tak usah bingung lagi mencari penginapan saat tiba di tempat tujuan. Supaya tidak salah pilih, jangan enggan untuk membaca ulasan dari tamu yang pernah menginap di hotel yang sama.

3. Bingung Menentukan Destinasi

Tak sedikit orang yang akhirnya merasa bingung hendak ke mana saat sudah tiba di kota tujuan. Biasanya, mereka adalah tipe orang yang spontan bepergian tanpa mempersiapkan itinerary. Keuntungannya, mereka yang tidak terpaku pada jadwal dan bisa lebih menikmati liburan. 

Namun, ada juga yang jadi tak bisa mengoptimalkan waktu liburan tersebut. Karena kurang persiapan dan pertimbangan, waktu liburan jadi habis begitu saja tanpa sempat ke banyak tempat. 

Ada lagi yang akhirnya kehilangan momen penting karena tak tahu banyak soal objek wisata. Supaya kamu tidak mengalami hal tersebut, penting banget buat melakukan persiapan sejak awal.

Mulailah dengan mencatat objek wisata yang ingin dikunjungi di daerah tujuan. Kemudian, buatlah rencana atau jadwal perjalanan sesuai kondisinya. Kalau nanti sudah tiba di kota tujuan dan ingin mengubah rancangan tersebut juga sah-sah saja.

Jangan lupa juga untuk mempelajari peta jalan yang harus ditempuh menuju penginapan dan objek-objek wisata yang akan dikunjungi. Ketahui jenis transportasi apa saja yang bisa digunakan untuk mencapai tempat-tempat itu, termasuk biayanya. Hal ini akan mengurangi kerepotan saat tiba di tempat tujuan.

4. Pengeluaran yang Membengkak

Pasti udah banyak orang yang mengalami hal ini. Menjaga pengeluaran agar tidak membengkak saat liburan memang bukan tantangan yang mudah. 

Begitu melihat benda-benda lucu atau restoran enak, kamu akan mudah banget tergoda untuk mengeluarkan uang. Kalau hal ini terjadi dan kurang mempersiapkan dana darurat, kamu bakal mengalami kesulitan di tengah perjalanan. 

Untuk menghindarinya, satu-satunya cara adalah dengan belajar untuk disiplin. Jika dananya tidak ada, jangan berani untuk mengeluarkan uang untuk sesuatu.

Setiap orang harus menyadari, pengeluaran saat liburan adalah pengeluaran yang bersifat tidak wajib. Artinya, kalau kamu tak membeli benda itu atau tidak melakukan sesuatu yang berpotensi menguras dompet maka tidak ada masalah yang harus dihadapi. Kamu masih bisa melakukannya lain kali ketika kondisi keuangan lebih memungkinkan. 

Itu dia sejumlah tantangan yang biasanya bakal kamu alami saat sedang mempersiapkan liburan atau ketika berada di tempat tujuan. Jangan sampai hal-hal ini membuat kamu jadi bad mood, ya! Kalau sudah tahu cara mengatasinya, kamu pun tak perlu khawatir lagi karena acara liburan bakal tetap lancar. 


Posting Komentar untuk "4 Tantangan Saat Liburan, Yuk Cari Tahu Cara Mengatasinya!"