Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cari Tahu, Apa Manfaat Uang Arisan atau Barang?

Arisan, sebuah tradisi sosial yang telah berakar kuat dalam budaya Indonesia dan berbagai masyarakat di seluruh dunia. Ini adalah sebuah sistem yang menggabungkan aspek keuangan dan solidaritas sosial. Dalam arisan, sekelompok orang bersatu secara berkala, bertukar kontribusi berupa uang atau barang tertentu.

manfaat uang arisan
freepik.com
Meskipun terlihat sederhana, sistem ini memberikan manfaat yang beragam bagi individu dan komunitas. Bahkan dengan arisan kamu bisa mendapatkan peluang bisnis yang cukup menjanjikan. 

Lantas apa sebenarnya manfaat dari uang arisan atau barang ini? Bisakah uang arisan ini diinvestasikan di aplikasi digital banking?

Berikut Manfaat Uang Arisan atau Barang

Kamu pasti sudah sangat familiar dengan kata arisan. Arisan bisa dikatakan sebuah kebiasaan berkaitan dengan hubungan sosial yang dipraktikkan oleh orang-orang di dunia. Berdasarkan informasi dari cermati.com, arisan baik berupa uang maupun barang memiliki beberapa manfaat yang beragam, yakni:

● Pengelolaan Keuangan yang Disiplin

Salah satu manfaat utama dari arisan adalah membantumu dalam mengelola keuangan secara lebih disiplin. Hal tersebut bisa kamu lihat dengan jelas dalam arisan. Di mana setiap anggota diwajibkan untuk memberikan kontribusi pada waktu yang telah ditentukan, biasanya bulanan.

Hal ini mendorong para peserta arisan untuk menyisihkan sebagian pendapatan mereka secara teratur. Seperti halnya dengan digital banking yang bisa digunakan untuk instrumen tabungan online, arisan juga dapat menjadi alat yang efektif untuk melatih diri sendiri dalam menyimpan uang. Juga mengajarimu membuat anggaran keuangan yang lebih baik.

● Akses ke Dana Darurat

Tanpa kamu sadari, arisan juga berfungsi sebagai sumber dana darurat yang dapat digunakan ketika kamu menghadapi situasi tak terduga. Misalnya, jika ada anggota arisan yang mendapat kecelakaan atau menghadapi krisis kesehatan, mereka dapat menggunakan uang yang telah mereka kontribusikan sebelumnya.

Uang tersebut digunakan sebagai dana untuk mengatasi masalah tak terduga yang tadi muncul. Ini sudah pasti akan membantu mengurangi beban keuangan dalam situasi-situasi yang sulit.

● Diversifikasi Investasi

Arisan tidak hanya tentang uang tunai; seringkali, anggota dapat memilih untuk menerima barang tertentu sebagai bagian dari arisan. Ini memungkinkan diversifikasi investasi yang lebih besar.

Misalnya, seorang anggota arisan bisa saja mendapatkan perabotan rumah tangga, perhiasan, atau barang lain yang memiliki nilai yang bisa meningkat seiring waktu. Dengan cara ini, arisan tidak hanya menyediakan pengelolaan keuangan yang baik tetapi juga peluang investasi.

● Membantu Pencapaian Tujuan Keuangan

Selanjutnya, arisan pun dapat membantumu mencapai tujuan keuangan jangka panjang. Maksudnya adalah sebagian dari anggota mungkin menggunakan uang atau barang yang mereka terima dari arisan untuk mengumpulkan modal. Misalnya untuk membeli rumah, membayar pendidikan anak-anak atau merencanakan masa pensiun mereka.

Ini adalah cara efektif untuk mencapai tujuan keuangan yang mungkin sulit dicapai jika hanya mengandalkan penghasilan rutin.

● Solidaritas Sosial dan Hubungan yang Lebih Kuat

Selain manfaat keuangan, arisan juga memperkuat solidaritas sosial dalam komunitas. Saat orang-orang berkumpul secara berkala untuk berkontribusi dan menerima, ini menciptakan ikatan emosional dan hubungan yang lebih kuat di antara mereka. Dengan kata lain, arisan juga menjadi platform untuk berbagi cerita, pengalaman dan dukungan sosial. 

● Memperbaiki Kredit dan Kredibilitas Keuangan

Partisipasi aktif dalam arisan dapat membantu memperbaiki kredit dan kredibilitas keuanganmu. Jika kamu dapat membuktikan bahwa kamu memiliki catatan pembayaran yang baik dalam arisan, hal ini dapat menjadi referensi positif. khususnya saat kamu mengajukan pinjaman dari bank atau lembaga keuangan lainnya.

● Mengurangi Beban Keuangan dalam Acara Khusus

Kegiatan arisan sering pula digunakan untuk mengurangi beban keuangan dalam acara-acara khusus. Seperti pernikahan, perayaan ulang tahun, atau perayaan agama. Dengan cara ini, kamu sebagai anggota arisan dapat menggunakan uang atau barang yang diterima. Khususnya untuk merayakan momen-momen penting dalam hidup tanpa harus terlilit utang besar.

Sejatinya, baik uang arisan dan barang adalah suatu sistem yang memiliki manfaat luar biasa, baik dari segi pengelolaan keuangan maupun solidaritas sosial. Ini adalah salah satu bentuk investasi dalam diri sendiri dan komunitas, yang membantumu mencapai stabilitas keuangan. Sekaligus merasa terhubung dengan orang-orang di sekitarmu.

Bikin Arisan Untuk Diri Sendiri di Bank Digital, Apakah Bisa?

manfaat arisan
freepik.com
Seperti yang sudah tertera di atas, arisan bisa dikatakan sebagai salah satu bentuk investasi. Namun daripada mengikuti arisan, ada alternatif lain yang lebih menguntungkan dan bisa kamu coba, yakni investasi menggunakan bank digital digibank by DBS.

Mungkin kamu bertanya-bertanya, apa itu digital banking digibank by DBS ini, mengapa lebih baik daripada arisan? Sebenarnya, ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika memilih investasi menggunakan digibank by DBS, diantaranya adalah:

● Having Fun Jadi Lebih Maksimal. Mau ini-itu gak pakai ragu dan ini cara cerdik yang bikin hidup kamu lebih all-out. Pasalnya kamu bisa mendapatkan gratis transfer tanpa kuota.

● Masa Depan Jadi Lebih Aman. Tetap have fun tanpa perlu menunda rencana masa depan. Ini Cara cerdaikmu untuk memulai dengan mudah dan kamu bisa investasi mulai Rp100.000 di 120+ pilihan yang pastinya aman dan terjamin.

● Semua Aman dan Mudah dalam 1 Genggaman. Cerdik kelola keuangan tanpa ribet sebab hanya perlu menggunakan 1 aplikasi untuk semua transaksi harianmu.

Inilah alasan mengapa kamu lebih baik berinvestasi menggunakan bank digital digibank by DBS daripada sekadar mengikuti arisan saja. Terlebih tujuan digital banking adalah memudahkan sekaligus menjaga keamanan data nasabahnya. Sehingga kamu tak perlu khawatir lagi data-data pribadi yang akan digunakan sebagai syarat investasi tidak akan bocor.

Jadi, sudah siap berinvestasi menggunakan digital banking digibank by DBS? Cek informasi lengkapnya di sini.

Posting Komentar untuk "Cari Tahu, Apa Manfaat Uang Arisan atau Barang?"