Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Belajar Tentang Luka dengan Cara Menyenangkan, Pasti Bisa

Semua orang pastinya tak ingin terjadi hal yang bernama luka tapi seringkali hal tersebut tak dapat terindahkan. Khususnya bagi anak kecil yang sangat aktif dimana jatuh dan bonyok bisa jadi adalah makanan sehari-hari.

belajar tentang luka
abhiraj jurnalistika

Pun demikian dengan anak saya yang bernama V Abhiraj Jurnalistika. Dimana saat ini diusianya yang 5 tahun tak bisa berdiam diri di rumah.

Selalu ada hal yang bisa dilakukan dan berkaitan dengan fisik. Alhasil jatuh atau memar bukan lagi hal aneh yang bisa terjadi sewaktu-waktu.

Sebagai orang tua bisa jadi yang ada kemudian adalah harap-harap cemas. Kira-kira besok apa yang akan terjadi karena terus terang melarang anak beraktifitas juga bukan hal baik. Selain energi tidak tersalurkan yang pasti kebahagiaan dia juga akan terrenggut karena bermain adalah satu hal yang membuatnya bahagia.

Baca juga: Tak Perlu Risau, Energi Tanpa Batas itu harus Tersalurkan

Anak Siaga Hansaplast

Beruntung beberapa waktu yang lalu secara tidak sengaja saya menemukan satu informasi menarik terkait Anak Siaga Hansaplast. Program ini berupaya mengedukasi para orang tua untuk lebih banyak tahu tentang luka pada anak.

Dalam gelaran yang diselenggarakan Hansaplast secara virtual selama 2 hari itu saya makin percaya diri. Memberikan tindakan yang tepat bila terjadi sesuatu pada anak untuk menjaga agar tidak ada trauma di masa yang akan datang.

Event menari ini diselenggarakan tanggal 29 dan 30 Juli 2021. Hadir sebagai story teller ada nama Kak Ria Enes dan boneka Susan. Selain itu acara kian meriah dengan adanya Kak Bonchie Yoska Sudrajat.

Pada hari pertama si Bocil belajar lebih banyak tentang Magic Card. Di mana dalam sesi ini anak-anak akan dilatih motorik halus untuk membuat sampul kartu, isi kartu dan memainkan kartu.

Selanjutnya pada hari kedua anak-anak akan diajak untuk belajar membuat Stiker Book. Anak-anak akan dilatih lebih peka dan berempati dengan adanya berbagai kejadian alam mulai dari kebakaran hutan hingga banjir.

Bahan yang digunakan juga sangat menarik sehingga membuat mereka terus belajar dan belajar. Setelah itu hasil prakarya bisa disimpan sebagai kenang-kenangan untuk dibuka kembali suatu saat nanti.

Jumlah peserta yang hadir pun ada banyak dan semuanya terlihat antusias untuk mengikuti kegiatan demi kegiatan. V Abhiraj Jurnalistika pun nampak tak mau melewatkan setiap sesi karena ada kegiatan produktif yang juga bisa ia lakukan.

Dari sini pula kita sebagai orang tua makin tahu akan seluk beluk luka. Mulai dari apa itu luka, jenis luka yang sering terjadi dan bagaimana menangani dengan cara yang tepat tanpa panik.

Baca Juga: Hansaplast Donasi Pendidikan dan Kesehatan

Tiga Langkah Mudah Pertolongan Pertama 

Sejak duduk di bangku sekolah pasti kita sering mendengar pertolongan pertama pada kecelakaan. Nah disini pun tindakan itu dipertegas lagi mulai dari:

1. Bersihkan

Apapun kondisi pasca terjadi kecelakaan atau luka maka hal pertama yang harus dilakukan adalah membersihkannya. Paling mudah dengan antiseptik atau dengan air mengalir.

Menjadi penting kemudian untuk senantiasa menyediakan antiseptik sebagai bagian dari perlengkapan P3K. Langkah terbaik membersihkan luka itu dengan Hansaplast Spray Antiseptik. Hal ini karena telah dilengkapi Polyhexamethylene (PHMB) yang bekerja tanpa timbulkan rasa perih.

2. Lindungi

Usai dibersihkan lindungi bagian yang terluka dari kotoran dan bakteri. Tujuannya untuk mencegah apa yang namanya infeksi.

Menjadi penting kemudian untuk menggunakan Plester Hansaplast dengan Bacteria Shield. Plester ini teruji secara klinis dapat melindungi luka dari kotoran dan bakteri.

3. Sembuhkan

Langkah terakhir yang harus dilakukan sudah pasti sembuhkan. Saat luka mulai kering maka saatnya gunakan Hansaplast Salep Luka.

Salep ini tidak saja sembuhkan tapi juga akan mencegah timbulknya bekas luka. Seperti kita tahu bekas luka seringkali menjadi masalah karena akan mengubah tampilan.

Semua kebutuhan untuk tindakan pencegahan telah disediakan Hansaplast. Mulai dari membersihkan, melindungi dan menyembuhkan.

Menjadi penting kemudian benda-benda tersebut harus selalu ada di kotak P3K. Tak perlu repot lagi harus ke warung, apotek atau dokter untuk atasi luka-luka kecil.

Cukup peran aktif orang tua untuk segera lakukan tindakan terbaik. Jangan sampai buah hati tersiksa lebih lama padahal semua kebutuhan itu telah disediakan Hansaplast.

Posting Komentar untuk "Belajar Tentang Luka dengan Cara Menyenangkan, Pasti Bisa"